Pelatihan Manajemen Aparatur Pemerintah Desa Tahun 2018

Perpeloncoan. Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan suasana pelatihan aparatur pemerintah desa tahun 2018. Bagaimana tidak? Dalam kegiatan yang hanya berlangsung selama tiga hari dua malam (per gelombang dari lima gelombang) itu, lokasi latihan untuk sehari penuh ditempatkan secara khusus di markas kompi 521 Tuban. Di sana para peserta digembleng ala militer supaya memiliki mental yang tangguh.

Tak hanya itu, jarak dari tempat menginap yaitu Hotel Mahkota Tuban sampai Kompi harus ditempuh dengan perjalanan kaki dengan lari-lari kecil. Maka, oleh karena pelatihan yang lumayan berat inilah, para peserta sebelumnya disyaratkan untuk membawa surat keterangan sehat dari dokter sebelum mengikuti kegiatan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa peserta benar-benar tidak sedang menderita penyakit berat.

Peserta yang kesemuanya adalah perangkat baru yang lolos dari seleksi tahun 2017 itu memang diharapkan mampu untuk menjadi perangkat desa yang memilik integritas tinggi. Tidak hanya sekadar menjadi perangkat dengan kemampuan jadul yang gagap dengan kemajuan zaman. Dan oleh karena tugasnya yang berat itulah, maka perangkat desa diharapkan memiliki mental dan fisik yang mumpuni.

Momen pelatihan yang dimulai dari tanggal 26 Februari itu juga dimanfaatkan oleh para peserta untuk saling bersilaturahmi dan mengenal antar sesama perangkat dari desa lain. Selain mereka diharapkan mampu bekerja secara individual, perangkat desa juga dituntut untuk mampu bekerja secara kolektif demi kesejahteraan masyarakat.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)