30 Januari 2019 12:53:29
Ditulis oleh

Surga Sayur Hidroponik Buatan Pemuda Karangtengah

Jika anda penggemar makanan sayur, maka barangkali berkunjung ke desa Karangtengah Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban adalah langkah tepat untuk anda lakukan. Terlebih bagi anda pecinta sayur hidroponik yang bebas dari semprotan pupuk maupun Pestisida. Di desa Karangtengah, anda akan menemukan sejumlah hamparan sayur-mayur hidroponik yang dikreasikan oleh para pemuda desa menjadi pemandangan mata yang menyejukkan.

Di antara tanaman hijau yang dibudidayakan oleh anak-anak muda tersebut adalah Sawi, Kol, Seledri, Kangkung, Bayam, Selada, Pakchoy dll. Sayur hijau itu kesemuanya dibuat hidup tanpa tanah dan dibiarkan mengambang di atas air. Inilah yang menyebabkan rasa dari sayur mayur ini sangat gurih dan segar. Bahkan tak jarang, ada beberapa masyarakat pecinta sayur yang memakannya mentah-mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Di samping itu, mereka juga membudidayakan ratusan jamur tiram.

Orientasi para pemuda desa Karangtengah dalam menciptakan sayuran sehat ini bukanlah hanya mengejar materi semata. Mereka tergerak melakukan hal tersebut untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan sehat yang bebas dari berbagai obat-obatan. Di samping itu, mereka juga ingin mengajak kepada masyarakat khususnya para pemuda agar selalu kreatif di bidang hortikultura.

Saifudin Zuhri, salah seorang pemuda yang mengembangkan usaha ini mengaku gigih dalam bereksperimen menyempurnakan sayuran hidroponik. Ia tak patah semangat ketika di awal usahanya banyak orang yang memandang sebelah mata terhadap pekerjaannya. Kini, semua orang mengakui dan banyak pesanan yang datang dari para tetangga bahkan masyarakat luar daerah yang meminta kepadanya untuk dibuatkan paket sayur hidroponik di rumah. Bahkan, beberapa waktu terakhir ia sering mengisi berbagai pelatihan di beberapa instansi dan lembaga terkait pembuatan sayur hidroponik.


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus