08 Juni 2019 22:19:07
Ditulis oleh

Reuni Tahunan Hikari, Perkokoh Kerukunan Warga Karangtengah

Setiap tahun, Himpunan Keluarga Alumni Roudlotut Tholibin desa Karangtengah atau yang biasa disebut dengan Hikari selalu mengadakan kegiatan reuni yang dibungkus dengan acara Halal Bihalal. Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman mushola Roudlotut Tholibin desa Karangtengah yang diasuh oleh K. Karimun. Reuni pada tahun ini merupakan agenda tahunan yang ketiga. 

Halal bihalal dan silaturahmi ini dipelopori oleh para pemuda yang merupakan alumni ngaji di mushola tersebut. Mereka tergerak untuk membuat kegiatan tahunan tersebut didasari rasa prihatin terhadap kondisi generasi muda saat ini yang tidak terlalu aktif di kegiatan-kegiatan keagamaan khususnya di mushola Roudlotut Tholibin. Para generasi muda sekarang ini lebih suka menghabiskan waktunya untuk nongkrong di warung kopi sambil menikmati fasilitas wifi. 

Berawal dari keprihatinan tersebut, maka para pemuda alumni ingin agar adik-adik generasi setelah mereka tidak tercebur dalam keasyikan media sosial dan internet. Mereka menghimpun para tetua-tetua dalam sebuah ajang reuni agar mampu membangkitkan semangat generasi masa kini untuk kembali mengaji dan mendalami ilmu agama. Sehingga di masa depan, tidak ada satupun masyarakat yang belum tersentuh pendidikan agama. 

Konsep yang diusung oleh para pemuda alumni adalah konsep untuk menghidupkan tradisi. Salah satu wujudnya adalah dengan mangan bareng sambel terong di atas nampan secara berjamaah. Di atas gelaran yang luas itu mereka makan bersama tanpa membeda-bedakan status. 

Kegiatan semacam inilah yang perlu dirawat kelestariannya untuk menjaga keguyuban masyarakat desa Karangtengah dan juga warga di luar desa Karangtengah yang tergabung dalam himpunan keluarga alumni Roudlotut Tholibin atau hikari.


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus