Desa Karangtengah Kecamatan Jatirogo

Artikel

Dinas Pertanian Jatirogo Tinjau Panen Ketela di Desa Karangtengah

14 Agustus 2019 00:12:18    1.154 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa Karangtengah termasuk salah satu desa penghasil ketela atau ubi jalar yang ada di Kecamatan Jatirogo. Setiap tahun pasti dapat dijumpai dengan mudah warga yang panen tanaman ketela jenis rambat ini. Umumnya tanaman ketela ini merupakan selingan bagi petani setelah masyarakat menanam padi di musim penghujan.

 Masyarakat desa Karangtengah memasarkan hasil panen ketelanya secara langsung kepada konsumen karena selama ini belum ada produksi yang berasal dari tanaman ini. Mereka biasanya memanggil tengkulak apabila panen yang dihasilkan dalam jumlah besar. Namun, jika panen ubi jalar hanya sedikit maka para petani akan membawanya ke pasar untuk dijual ke pembeli yang ada di sana. Sudah menjadi pemandangan biasa, warga membawa barang dagangan hasil pertanian ke pasar pada dini hari hingga menjelang pagi tiba.

 Dinas Pertanian yang ada di kecamatan Jatirogo turut memantau proses perkembangan tanaman ketela rambat yang ada di Desa Karangtengah. Proses tersebut dimulai dari tahap awal penyiapan lahan, pemilihan bibit, pemupukan hingga pada proses panen dan pemasaran. Masyarakat berharap ada semacam pemanfaatan terhadap hasil ubi jalar yang melimpah di Desa Karangtengah. Mereka menginginkan adanya produsen yang mampu mengolah tanaman tersebut, sehingga hasilnya tidak semata dijual mentah-mentah tapi mampu menghasilkan olahan dari ketela rambat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial