Desa Karangtengah Kecamatan Jatirogo

Artikel

Bucu Kendit, Tradisi Warga Karangtengah Menyambut Tahun Baru Islam

31 Agustus 2019 17:54:12    1.644 Kali Dibaca  Berita Desa

Setiap memasuki awal tahun baru hijriyah, warga desa Karangtengah kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban melaksanakan kegiatan selametan yang biasa disebut dengan Bucu Kendit. Bucu Kendit biasanya dilaksanakan pada malam Syuro (sebutan bulan Muharram bagi orang Jawa) pada tanggal satu, sepuluh atau lima belas.

Kegiatan Selamatan Bucu Kendit ini dimulai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh sesepuh desa,. Kemudian warga yang berada di lokasi bancaan akan bertukar ambeng (nasi makanan) sesama warga yang lain. Tradisi ini dilanjutkan dengan makan bersama sesajian yang telah disiapkan. Banyak warga yang sebelumnya berebut Bucu Kendit untuk bisa membawa pulang nasi yang besarnya hanya sekepalan tangan itu. Nasi Bucu Kendit itu nantinya akan ditanam di depan rumah agar seisi rumah diberi keselamatan oleh sang pencipta alam.

Tradisi Bucu Kendit merupakan salah satu budaya Jawa yang sekarang ini mulai banyak ditinggalkan. Padahal kegiatan ini adalah tradisi yang diwariskan oleh para leluhur. Di samping itu, tradisi Bucu Kendit sejalan dengan syiar agama Islam yaitu memperingati tahun baru Hijriyah.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial