31 Agustus 2019 17:54:12
Ditulis oleh

Bucu Kendit, Tradisi Warga Karangtengah Menyambut Tahun Baru Islam

Setiap memasuki awal tahun baru hijriyah, warga desa Karangtengah kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban melaksanakan kegiatan selametan yang biasa disebut dengan Bucu Kendit. Bucu Kendit biasanya dilaksanakan pada malam Syuro (sebutan bulan Muharram bagi orang Jawa) pada tanggal satu, sepuluh atau lima belas.

Kegiatan Selamatan Bucu Kendit ini dimulai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh sesepuh desa,. Kemudian warga yang berada di lokasi bancaan akan bertukar ambeng (nasi makanan) sesama warga yang lain. Tradisi ini dilanjutkan dengan makan bersama sesajian yang telah disiapkan. Banyak warga yang sebelumnya berebut Bucu Kendit untuk bisa membawa pulang nasi yang besarnya hanya sekepalan tangan itu. Nasi Bucu Kendit itu nantinya akan ditanam di depan rumah agar seisi rumah diberi keselamatan oleh sang pencipta alam.

Tradisi Bucu Kendit merupakan salah satu budaya Jawa yang sekarang ini mulai banyak ditinggalkan. Padahal kegiatan ini adalah tradisi yang diwariskan oleh para leluhur. Di samping itu, tradisi Bucu Kendit sejalan dengan syiar agama Islam yaitu memperingati tahun baru Hijriyah.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus