01 Oktober 2019 09:02:29
Ditulis oleh

Sosialisasi Penangkaran Benih Jagung Hibrida Berbasis Koorporasi di Desa Karangtengah

Dinas Pertanian kecamatan Jatirogo mengadakan sosialisasi penangkaran benih jagung hibrida di desa Karangtengah. Sosialisasi ini juga diadakan di seluruh desa yang ada di kecamatan Jatirogo. Adapun di desa Karangtengah diadakan di balai desa pada tanggal 25 September 2019.

Kecamatan Jatirogo merupakan salah satu di antara 3 lokasi yang ada di Indonesia yang dijadikan sebagai Pilot Project untuk penangkaran benih jagung hibrida berbasis koorporasi. Oleh karena itu, dinas pertanian Jatirogo meminta dan berharap kepada seluruh petani yang ada di desa-desa di kecamatan Jatirogo turut menyukseskan program pemerintah ini. Untuk Desa Karangtengah sendiri, ditargetkan ada 50 Hektare lahan yang disiapkan petani untuk menunjang proyek pembenihan ini.

Dinas pertanian menyebutkan akan ada bantuan yang diberikan kepada para petani yang mengikuti program ini. Bantuan tersebut berupa pemberian bibit jagung jantan dan betina serta pupuk senilai 5 juta rupiah per hektarnya. Kemudian dinas pertanian juga akan memberikan jaminan tidak ada kelangkaan pupuk terhadap proyek ini sebagaimana yang sering terjadi pada sebelumnya. Bahkan, nanti hasil pembenihan akan dibeli langsung seharga Rp 6.000/Kg dengan penimbangan biji jagung plus tongkolnya.

Dinas Pertanian berjanji akan memberikan pendampingan kepada petani selama proses penangkaran benih jagung hibrida berbasis koorporasi ini. Pendampingan tersebut akan diberikan mulai awal penanaman, perawatan hingga masa panen. Meskipun penangkaran benih ini mendapatkan bantuan dari pemerintah, namun apabila ada kegagalan panen dari petani mereka tidak dituntut untuk mengembalikan uang bantuan.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus