Desa Karangtengah Kecamatan Jatirogo

Artikel

Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di desa Karangtengah

19 Maret 2020 12:06:54    1.086 Kali Dibaca  Berita Desa

http://karangtengah-jatirogo.desa.id
(Website Resmi Desa Karangtengah Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban)

Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas) Kebonharjo melaksanakan kegiatan sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di desa Karangtengah. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau yang biasa disebut STBM ini adalah pendekatan kepada masyarakat untuk merubah perilaku kebersihan melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Setiap warga diharuskan mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 28 warga desa Karangtengah yang belum memiliki jamban yang tersebar di 2 Dusun, yakni dusun Karanganyar dan dusun Karangtengah. Kebanyakan dari mereka selama ini masih melakukan aktifitas buang air besar di sungai yang ada di dekat rumah. Memang ada yang sudah memiliki jamban, namun belum memenuhi standar kesehatan. Sisanya ada yang selama ini menumpang di jamban milik kerabat atau tetangga yang memiliki jamban.

Dengan keadaan yang seperti itu, maka Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kebonharjo mendorong masyarakat agar peduli terhadap permasalahan ini. Sehingga ditawarkan beberapa alternatif yang bisa diambil oleh masyarakat yang belum memiliki jamban ini untuk segera meralisasikannya. Salah satu tawaran yang diambil oleh masyarakat adalah mengadakan arisan jamban.

 

Teknis dari arisan jamban adalah dengan melaksanan pembayaran dua ribu rupiah perharinya, yang kemudian akan dikocok selama 4 minggu sekali dan peserta akan mendapatkan secara bergilir. Begitu seterusnya hingga pada akhirnya semua warga desa sudah memiliki jamban sendiri-sendiri.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial