Desa Karangtengah Kecamatan Jatirogo

Artikel

Laporan Pertanggungjawaban Bumdes Semester 1 Tahun 2022

17 Juni 2022 16:50:45    967 Kali Dibaca  Berita Desa

Masa kepengurusan Badan usaha milik desa atau Bumdes "Bumi Karang Sejahtera" desa Karangtengah sudah memasuki tahun ketiga semenjak kepengurusan tersebut dibentuk pada tahun 2019. Sehingga dengan demikian, pemerintah desa Karangtengah meminta kepada mereka untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan bumdes sebelum berakhirnya jabatan mereka. 

Bertempat di kantor desa Karangtengah, Bumdes pun menyampaikan laporan keuangan di hadapan para aparatur pemerintah desa dan BPD desa Karangtengah. Selama ini bumdes memiliki 2 unit usaha, yakni pendistribusian pupuk dan pengisian ulang air minum. Pengurus bumdes menyampaikan laporan penggunaan penyertaan modal yang selama ini sudah diberikan sebanyak 2 kali oleh pemerintah desa, yakni pada tahun 2017 dan tahun 2019.

Setelah penyampaian laporan keuangan tersebut, pemerintah desa akan segera mengagendakan pergantian pengurus bumdes seiring habisnya masa jabatan mereka. Siapapun warga desa Karangtengah yang memiliki kompetensi bisa mendaftarkan diri sebagai pengurus bumdes, termasuk pengurus lama karena mereka baru menjabat selama 1 periode.

Pemerintah desa Karangtengah berupa akan memberikan penyertaan modal lagi di tahun 2023 dengan mengagendakan penambahan unit usaha baru. Harapannya bumdes mampu menjadi solusi bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka selama ini, terutama kebutuhan di bidang pertanian karena mayoritas penduduk di desa Karangtengah adalah berprofesi sebagai petani.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial