Desa Karangtengah Kecamatan Jatirogo

Artikel

Kader Kesehatan Karangtengah Mengikuti Sosialisasi Penyakit TB Paru, Kusta dan HIV

30 Juni 2022 21:54:20    129 Kali Dibaca  Berita Desa

Karangtengah-Jatirogo.

Sebanyak 27 orang mengikuti sosialisasi tentang antisipasi penularan penyakit TBC, Paru, Kusta dan HIV di balai desa Karangtengah pada hari Kamis, 30 Juni 2022. Sosialisasi tersebut diadakan oleh UPTD Puskesmas Kebonharjo dengan menghadirkan dr. Rina Fauzi sebagai pemateri.

 

Dalam paparan yang disampaikan oleh dokter Rina, para kader kesehatan desa perlu mendapatkan edukasi berkelanjutan mengenai permasalahan kesehatan untuk nantinya dilanjutkan kepada masyarakat. Karena selama ini masih banyak masyarakat yang awam terhadap kesehatan terutama dalam antisipasi penyakit. Dokter yang berasal dari Parengan Tuban tersebut menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk tidak segan melakukan pemeriksaan kesehatan, baik ke Polindes yang ada di desa maupun datang langsung ke Puskesmas. Hal tersebut dikarenakan masih seringnya terjadi penanganan serius karena terlambatnya masyarakat dalam meminta layanan kesehatan.

Salah satu hal yang disampaikan adalah pentingnya pemahaman bagi masyarakat, bahwa virus penyakit Tuberkulosis dapat menular kepada orang lain melalui droplet, sehingga dengan demikian masyarakat dianjurkan untuk tetap waspada dengan menggunakan masker apabila berada di lokasi rawan penularan penyakit. Di samping itu, gaya hidup yang sehat juga bisa meminimalisir terjadinya penularan virus TBC dengan rajin melakukan cuci tangan pakai sabun.

Salah seorang peserta sosialisasi, yakni Sukirno meminta agar pihak kesehatan dan pemerintah desa benar-benar serius menangani permasalahan kesehatan di desa. Ia juga berharap agar dilakukan pendataan yang maksimal terhadap warga desa yang saat ini mengidap penyakit menular sebagaimana yang disosialisasikan, untuk nantinya dilakukan penanganan lebih lanjut. Sehingga dengan adanya penanganan yang serius dari pemerintah, maka tidak ada lagi warga yang mengeluh terhadap permasalahan kesehatan.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial