Desa Karangtengah Kecamatan Jatirogo

Artikel

Karangtengah Terbebas Dari Perilaku Buang Air Besar Sembarangan

20 Juli 2022 12:43:01    138 Kali Dibaca  Berita Desa

Karangtengah-Jatirogo. Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban melakukan verifikasi ODF atau Open Defecation Free di desa Karangtengah. Pelaksanaan kegiatan verifikasi tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa masyarakat Desa Karangtengah sudah terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Hal tersebut sebagaimana yang telah ditargetkan oleh bupati Tuban Aditya Halindra Faridzki, bahwa di tahun 2024 semua desa yang ada di Tuban sudah berstatus ODF.

Sebelum melaksanakan verifikasi di lapangan, pihak Dinas Kesehatan menyampaikan bahwa Desa yang bertatus sudah ODF itu sangat penting. Hal tersebut dikarenakan apabila masih banyak warga desa yang berperilaku buang air besar sembarangan, tentu akan mudah menimbulkan berbagai macam penyakit bagi masyarakat. Jangan sampai masih ada warga yang buang air besar di sungai, sawah, tegalan atau bahkan di semak-semak.

Di Kecamatan Jatirogo sendiri, yang terdiri dari 18 desa baru ada 7 desa yang sudah berstatus ODF. Sehingga dengan dilakukannya verifikasi di lapangan dan mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan, maka Desa Karangtengah bisa menyusul  untuk menjadi desa berstatus ODF di akhir tahun 2022 ini. Ada beberapa tim yeng akan melakukan verifikasi ke lapangan. Masing-masing tim tersebut terdiri dari 5 hingga 6 orang.

Camat Jatirogo, Deni Susilo Hartono dalam sambutannya menambahkan bahwa selain dituntut untuk berperilaku bersih dalam hal buang air besar, warga juga diminta agar tidak membuang pampes sembarangan karena hal tersebut menjadi salah satu problem di beberapa desa di Kecamatan Jatirogo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial