Desa Karangtengah Kecamatan Jatirogo

Artikel

Sejarah Desa Karangtengah

26 Agustus 2016 15:38:09    54.615 Kali Dibaca 

Awal mula Desa Karangtengah dulu adalah sebuah tempat yang bernama Kalitengah. Konon pada waktu itu Desa Kalitengah masihlah berbentuk hutan belantara dan pada saat itu ada sebuah tempat yang pernah didatangi oleh Sunan Bonang yang sekarang disebut dengan Ngandong (Jawa:ngalap berkah). Di sana beliau bertemu dengan dua orang pertapa putra dan putri. Karena tempat pertemuannya yang  kurang teduh, maka sunan Bonang pun menancapkan tongkatnya yang terbuat dari bambu kuning dan tongkat tersebut hidup tumbuh sampai sekarang.

Kedua pertapa tersebut bernama Rosseco dan Salamah. Atas saran Sunan Bonang, beliau berdua tidak boleh pergi dari daerah itu. Dan daerah itu pun akhirnya dijadikan sebagai tempat tinggal. Sunan Bonang tahu kalau di daerah itu ada sungai kecil yang membelah wilayah tersebut menjadi dua bagian. Adapun yang selatan untuk Rosseco dan yang utara untuk Salamah.

Beliau menamakan tempat tersebut dengan sebutan Kalitengah karena adanya sungai yang terdapat di tengah-tengah desa. Sekarang seiring berjalannya waktu, nama Kalitengah menjadi Karangtengah. Demikianlah cerita itu diambil dari para sesepuh desa hingga saat ini nama Karangtengah dijadikan nama desa yang sampai sekarang.

Pemerintahan desa Karangtengah sejak berdirinya sudah pernah dipimpin oleh beberapa orang kepala desa dengan urutan sebagai berikut :

  1. Tambar tahun 1933 s.d tahun 1943
  2. Ronokar tahun 1943 s.d tahun 1959
  3. Pardi tahun 1959 s.d tahun 1975
  4. Thoyib tahun 1975 s.d tahun 1991
  5. Zamin tahun 1991 s.d tahun 2007
  6. Nursalim tahun 2007 s.d tahun 2013
  7. Basuki Rahmad tahun 2013 s.d tahun 2019
  8. Sunardi Rusdiana tahun 2019- sekarang

Demikan asal-usul atau sejarah Desa Karangtengah beserta daftar para kepala desa yang pernah memimpin di pemerintahan desa Karangtengah

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial